Tune Up Mobil | Perbedaan | Manfaat | Komponen Yang Di Periksa

Tune Up Mobil | Perbedaan | Manfaat | Komponen Yang Di Periksa – Dalam perawatan rutin ini akan dilakukan pemeriksaan, penyetelan, perbaikan, penggantian, dan pembersihan komponen-komponen mesin pada kendaraan.

Tune Up Mobil

Tune up adalah satu perawatan rutin yang wajib dilakukan pemilik kendaraan, baik motor maupun mobil.

Tune up sangat penting karena performa kendaraan yang terus menerus digunakan tentu saja akan menurun seiring berjalannya waktu

Dalam perawatan rutin ini akan dilakukan pemeriksaan, penyetelan, perbaikan, penggantian, dan pembersihan komponen-komponen mesin pada kendaraan. Karena itulah tune up pada mobil dan motor sangat perlu dilakukan rutin dan berkala.

Apa Perbedaan Tune Up Dan Service Biasa?

Banyak orang yang salah berpikir jika tune up sama seperti service biasa. Padahal keduanya adalah tindakan perawatan yang berbeda dengan tujuan yang berbeda pula.

Tune up adalah salah satu tindakan yang memang dilakukan saat sedang melakukan service rutin. Namun, perawatan yang satu ini mempunyai variasi pekerjaan yang lebih beragam dibandingkan service biasa.

Dengan demikian baik biaya maupun waktu yang dihabiskan juga lebih tinggi dibandingkan dengan service biasa. Pada service biasa, hanya sebatas memeriksa pada bagian filter udara, sistem injeksi, fluida, serta pengecekan rem.

Disini, bagian dalam mesin tidak dilakukan pemeriksaan karena tidak adanya pembongkaran berlebih. Sedangkan pada tune up, bagian dalam mesin semisal sistem katup pun juga akan dilakukan pemeriksaan.

Tune Up Mobil

Manfaat Tune Up Mobil dan Motor

Saat ini Anda sudah memahami dengan baik jika service biasa dan tune up motor dan mobil adalah hal yang berbeda.

Dengan melakukan tune up, ini artinya kendaraan akan dikembalikan seperti kondisi semula.

Pada saat pemakaian jangka panjang, tentu saja akan ada gangguan serta berbagai kerusakan yang diakibatkan pemakaian terus menerus.

Dengan dilakukannya tune up ini kendaraan bisa tetap dalam kondisi baik dan memiliki performa maksimal. Nah, berikut daftar manfaatnya.

Memaksimalkan Performa Mesin Kendaraan

Salah satu manfaat utama dari tune up adalah memaksimalkan performa mesin kendaraan.

Seperti yang Anda ketahui, jika digunakan terus menerus dalam jangka panjang tentu saja mesin bisa mengalami masalah dalam urusan performa.

Dilakukannya tune up tentunya bisa membuat performa mesin semakin meningkat dan maksimal.

Hal ini karena semua bagian dalam mesin akan diperiksa dan dilakukan perbaikan terhadapnya jika ditemukan masalah atau gangguan.

Menjaga Kondisi Mesin Tetap Awet

Fungsi tune up lainnya adalah menjaga agar kondisi mesin motor dan mobil tetap awet meskipun usianya sudah tidak muda lagi.

Perawatan secara rutin inilah yang membuat komponen-komponen dalam mesin akan berusia panjang dibandingkan dengan kendaraan yang jarang melakukan tune up

Menghindari Resiko Kerusakan Lebih Parah

Tune up juga dapat menghindarkan resiko kerusakan komponen-komponen mesin yang lebih parah.

Banyak pemilik kendaraan yang tidak menyadari jika komponen-komponen dalam mesin ada yang seharusnya disetel ulang atau diganti

Jika hal ini dibiarkan saja malah akan membuat komponen mesin lainnya juga akan mengalami kerusakan.

Tentu saja ini akan menghabiskan biaya lebih besar kedepannya jika Anda tidak segera memperbaikinya.

Memastikan Kondisi Mesin Tetap Baik Digunakan

Tune up juga bermanfaat untuk memastikan kondisi mesin motor dan mobil secara keseluruhan  tetap baik dan siap untuk digunakan kapanpun.  Jadi, jika Anda ingin menghidupkan kendaraan, maka cukup sekali starter saja kendaraan akan langsung hidup.

Menghemat Biaya Perawatan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, melakukan tune up bisa menghindarkan resiko kerusakan yang lebih parah kedepannya. Tentunya ini akan sangat menghemat waktu sekaligus biaya yang akan Anda keluarkan.

Karena saat melakukan tune up, seluruh komponen mesin akan diperiksa secara menyeluruh. Jadi komponen yang mengalami gangguan bisa segera diperbaiki atau diganti sehingga tidak akan merusak komponen mesin lainnya.

Jika sampai komponen mesin tersebut mengalami kerusakan parah, tentu saja biaya yang harus Anda keluarkan untuk perbaikan mesin nantinya juga akan semakin bertambah

Menghindari Macet Saat Digunakan Dalam Perjalanan

Tentu Anda tidak ingin bukan kendaraan yang digunakan tiba-tiba macet atau mati di tengah jalan saat sedang digunakan? Inilah salah satu pentingnya melakukan tune up mobil atau motor yang Anda gunakan setiap hari.

Tune Up Mobil

Memastikan Semua Kondisi Komponen Stabil

Fungsi lain dari tune up yang dilakukan secara rutin adalah memastikan semua komponen mobil selalu dalam kondisi stabil dan bagus.

Selain itu, perawatan ini juga semakin memaksimalkan kinerja komponen di kendaraan sehingga nyaman dikendarai.

Komponen Yang Diperiksa Dalam Tune Up

Seperti penjelasan sebelumnya, pada saat melakukan tune up akan dilakukan pemeriksaan komponen secara menyeluruh.

Ada 3 bagian yang pasti akan diperiksa pada saat tune up yaitu pada sektor mesin, chasis, dan sistem kelistrikan.

Sektor Mesin

Pada bagian mesin, ada beberapa poin yang harus dilakukan pemeriksaan antara lain mengecek pelumas oli, untuk melihat apakah kualitas oli masih baik atau perlu dilakukan penggantian.

Selain itu, lakukan pengecekan busi untuk mengetahui keberhasilan proses pembakaran dalam mesin.

Disini, ada juga pemeriksaan filter udara, yang biasanya hanya dibersihkan saja. Namun, jika kondisi filter sudah hitam maka butuh untuk diganti.

Selain filter udara, filter bensin juga akan dilakukan pemeriksaan untuk membersihkan kotoran yang ada di dalamnya

Selanjutnya, akan diperiksa juga bagian karburator/throttle body. Ini berlaku untuk mesin yang masih menggunakan karburator.

Disini, akan dilakukan overhaul karburator dan penyetelan ulang. Namun untuk mesin injeksi biasanya hanya dibersihkan bagian throttle body dan ISC valve.

Selain itu, flushing sistem injeksi juga akan diperiksa. Ini khusus untuk motor injeksi,  dimana akan dilakukan pembersihan injektor dari segala hal yang menyumbat dengan cara flushing menggunakan alat khusus.

Sedangkan yang terakhir adalah penyetelan katup ulang sesuai spesifikasi. Hal ini dilakukan agar performa mesin dapat maksimal

Sektor Chassis

Pada bagian ini akan dilakukan pemeriksaan beberapa komponen juga. Yang pertama adalah bagian kemudi yang akan di cek apakah masih balance atau perlu dilakukan pengaturan ulang

Ban dan velg juga akan diperiksa. Jika sudah aus akan direkomendasikan untuk mengganti yang baru. Sedangkan untuk bagian velg akan dicek keseimbangannya.

Sistem pengereman dalam hal ini adalah bagian lain yang juga akan diperiksa, mulai dari kampas rem hingga minyak remnya. Jika dirasa sudah rusak atau habis, maka akan diganti dengan yang baru

Sektor Kelistrikan

Pada sektor kelistrikan juga akan dilakukan pemeriksaan terhadap beberapa hal. Pertama, tentu yang diperiksa adalah kondisi aki.

Tujuannya adalah untuk melihat apakah tegangannya masih normal, perlu di charge, serta sudah soak dan butuh diganti atau tidak.

Selain itu, ada beberapa hal lain yang juga akan diperiksa. Diantaranya adalah sistem pengapian, lampu dan klakson, serta baterai-baterai

Tune up, baik pada mobil maupun motor perlu dilakukan secara rutin. Ini akan membantu menjaga performa kendaraan Anda tetap baik saat digunakan.

Jadi jangan sampai melewatkan perawatan rutin ini, baik itu tune up maupun service pada kendaraan Anda di bengkel resmi.

Tune Up Mobil | Perbedaan | Manfaat | Komponen Yang Di Periksa – Semoga Artikel ini menambah wawasan dan pengetahuan kita dalam merawat kendaraan kesayangan kita.

Menambah Wawasan Kita :