Tahapan Cara Mengganti Oli Mobil yang Benar

Tahapan Cara Mengganti Oli Mobil yang Benar – Oli mobil memiliki peran penting dalam menjaga performa mobil. Setidaknya oli mobil harus di ganti secara berkala, minimal tiga bulan sekali atau setiap 5.000 kilometer.

Tahapan Cara Mengganti Oli Mobil yang Benar

Oli mobil memiliki peran penting dalam menjaga performa mobil. Setidaknya oli mobil harus di ganti secara berkala, minimal tiga bulan sekali atau setiap 5.000 kilometer. Nggak perlu di bawa ke bengkel, sebenarnya cara mengganti oli mobil yang benar bisa di pelajari dan cukup mudah di lakukan. Sahabat hanya perlu mengetahui partisi apa saja yang harus di bongkar-pasang, dan menyiapkan wadah oli bekas dan oli mobil yang baru.

Jangan Memakai Kompresor Saat Mengganti Oli

Saat ganti oli, kamu pasti sering melihat mekanik yang menyemprot bagian dalam mesin dengan memakai angin kompresor. Tujuannya sih baik banget, agar seluruh sisa oli di bak karter kopling keluar semua, termasuk kerak dan kotorannya. Dengan begitu, oli yang masuk ke mesin benar-benar baru.

Ternyata menyemprotkan kompresor saat mengganti oli bukanlah keputusan yang tepat. Pasalnya, angin dari kompresor mengandung uap air sudah tentu akan menempel di dalam mesin. Jika di biarkan, tentu ini bisa berakibat buruk bagi mesin motor atau mobil Anda.

Tidak hanya itu, ada risiko yang lebih mengerikan ketimbang hanya uap air, dan ini berhubungan dengan salah satu komponen utama mesin, yakni filter oli.Seperti kita ketahui, filter oli berfungsi untuk menahan kotoran agar tidak bersirkulasi ke dalam mesin. Dengan kata lain, tanpa di semprot pun sebenarnya kotoran sudah di saring dulu sehingga yang ada dalam mesin merupakan oli yang sudah bersih.

Nah, saringan oli ini harus di ganti secara periodik, dan biasanya dilakukan kalau pas servis besar. Cara melakukannya, kotoran-kotoran yang terkumpul di dalam filter ini akan dibersihkan, termasuk kotoran berupa gram atau bubuk besi yang tercipta akibat gesekan antar komponen di dalam mesin.

saat bagian dalam mesin di semprot dengan angin bertekanan tinggi, tentu saja kotoran yang ada dalam filter oli ini akan tersembur lagi keluar. Masih mending jika kotoran ini keluar sehingga filter jadi bersih, tapi yang berbahaya justru kotoran gram ini bisa kembali ngumpet di sela-sela jeroan mesin.

Ini kabar buruk lho! Pasalnya bubuk gram yang bersembunyi di dalam sela-sela mesin berisiko membuat mesin cepat keropos. Dalam jangka waktu lama, kotoran ini bisa menyebabkan performa kendaraan jadi ambrol dan Anda harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk services.

Jangan khawatir, sebenarnya sisa oli di dalam mesin ini tidak seberapa kok, paling cuma beberapa cc aja. Tapi jika tetap ingin mengeluarkannya, Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan kick starter (tentu saja posisi kunci kontak dalam posisi off).

Tidak perlu banyak-banyak, cukup gunakan kick starter 3-5 kali, dan ulangi langkah ini setelah motor di diamkan selama 10 menit. Jangan kaget jika oli yang keluar hanya sedikit, karena memang sisa oli kotornya hanya sedikit.

Tahapan Cara Mengganti Oli Mobil yang Benar

Cara Mengganti Oli Mobil yang Benar

Agar lebih jelas, berikut tips dan cara mengganti oli mobil yang benar.

  1. Buang oli lama

Sebelum memulai ganti oli mobil, Sahabat harus mengeluarkan oli lama dari tangki oli. Tapi sebelum itu panaskan dulu mobil 2-3 menit agar olinya menghangat dan lebih encer saat di gunakan. Setelah itu posisikan bagian mesin (kap bagian depan) lebih tinggi menggunakan dongkrak di tempat yang rata. Pastikan juga rem tangan terpasang biar lebih aman.

Siapkan alat-alat seperti wadah penampung oli bekas dan kunci pas serta senter. Kemudian buka penutup oli, ini bertujuan agar ada udara masuk dan memudahkan oli lama keluar. Lokasi penutup oli biasanya ada di bagian atas mesin.

Selanjutnya letakkan wadah tempat menampung oli di bawah bak oli dan buka baut penutup oli. Baut ini letaknya ada di bawah mesin. Setelah baut terbuka, biarkan oli lama mengalir ke wadah dan tunggu sampai semuanya keluar.

  1. Buka filter atau saringan oli

Saat oli mobil lagi di kuras, Sahabat bisa membongkar filter atau saringan oli. Pastikan gasket sudah terlepas dari filter olinya. Lokasi filter oli ini biasanya ada di bagian depan, samping atau belakang blok mesin.

Ciri-cirinya berbentuk silinder mirip kaleng susu kental manis dengan lebar 8 cm dan panjang 10-15 cm. Gunakan kunci pas untuk melepas filter oli ini. Untuk performa mobil yang prima, lebih baik ganti filter oli dengan yang baru. Di marketplace harganya cuma Rp50 ribuan kok.

Mengganti filter oli ini di lakukan dengan cara memutarnya berlawanan arah jarum jam. Setelah menyiapkan saringan baru, lumasi sedikit dengan oli baru dan pasang lagi.

Cek lagi apakah bautnya sudah terpasang pada ulir yang benar atau tidak. Pastikan untuk tidak mengencangkan baut terlalu keras karena hal tersebut bisa merusak ulir dan mengakibatkan kebocoran oli.

  1. Tutup baut oli

Setelah menunggu beberapa saat sampai oli terkuras semua, segera tutup baut penguras oli. Oli yang keluar pastinya berwarna hitam pekat. Pastikan memasang kembali baut penguras oli dan gasketnya untuk menghindari kebocoran. Cek kembali apakah oli masih menetes atau tidak. Jika masih ada yang bocor, coba ganti gasketnya dengan yang baru.

Tahapan Cara Mengganti Oli Mobil yang Benar1

  1. Tuang oli baru

Kalau tiga langkah di atas sudah tepat semua, sekarang saatnya menuang oli mobil yang baru di beli. Pastikan dulu batas pengisian mobil yang ada di petunjuk penggunaan agar takarannya tepat.

Perlu Sahabat ketahui, mengisi oli mobil tidak boleh kurang atau bahkan kebanyakan. Jika sudah selesai, pasang kembali tutup pembuka oli dan bersihkan sisa-sisa oli yang menempel. Selanjutnya adalah periksa indikator tekanan oli.

Pastikan indikator tersebut kondisinya masih akurat ya! Cek juga bagian bawah mobil apakah masih ada tetesan oli atau tidak. Jika ada kebocoran, kemungkinan penyebabnya ada di baut penutup atau filter oli yang tidak terpasang dengan benar.

  1. Hidupkan mesin mobil

Kalau semuanya sudah beres, langkah terakhir adalah menghidupkan mesin selama kurang lebih 3-5 menit. Setelah itu, mobil bebas di gunakan ke mana saja.

Satu tips lagi, kalau Sahabat masih belum yakin ganti oli sendiri, tak ada salahnya kok minta bantuan ke orang yang lebih ngerti soal mobil. Setelah itu ilmunya bisa di pahami dan lain waktu bisa ganti oli mobil sendiri.

Tahapan Cara Mengganti Oli Mobil yang Benar, Semoga Artikel ini menambah wawasan dan pengetahuan kita dalam merawat kendaraan kesayangan kita.

Menambah Wawasan Kita :