Shift Lock Mobil Matik

Shift Lock Mobil Matik – Kalau masih ada yang mengatakan, mobil bertransmisi matik tidak bisa didorong-dorong saat parkir paralel.

Fungsi Shift Lock dari tombol tersebut adalah supaya posisi transmisi mobil bisa dipindahkan dari P ke N (netral).

Shift Lock Mobil Matik

Kalau masih ada yang mengatakan, mobil bertransmisi matik tidak bisa didorong-dorong saat parkir paralel, sebaiknya Anda jangan langsung percaya. Terlebih jika mobil-mobil matik keluaran baru.

Kenapa? Karena banyak pabrikan yang sudah menyematkan tombol shift lock pada sistem transmisinya. Tombol shift lock tersebut letaknya cukup tampak dan biasanya ada di sekitar tuas transmisi.

Fungsi Tombol Shift Lock

Fungsi dari tombol tersebut adalah supaya posisi transmisi mobil bisa dipindahkan dari P ke N (netral). Hal ini sudah pasti akan lebih memudahkan dan membantu sekali saat pemilik mobil ingin memarkirkan kendaraannya pada formasi paralel.

Jadi saat kendaraan menutup mobil lain yang akan keluar dari area parkir, petugas bisa dengan mudah memindahkannya, karena roda-roda mobil dalam keadaan tidak terkunci.

Mekanisme dari shift lock kurang lebih adalah setelah pengemudi sudah memindahkan tuas transmisi ke posisi P, lalu mematikan mesin. Baru kemudian tekan tombol shift lock dan selanjutnya geser kembali transmisi ke posisi N.

Shift Lock Mobil Matik

Jangan Tarik Tuas Rem Saat Parkir

Satu hal yang harus diingat saat ingin mengaktifkan tombol ini adalah setelah mengaktifkan fungsi shift lock jangan sampai menarik tuas rem parkir.

Kenapa? Karena tentu saja akan sia-sia, dan roda mobil akan kembali terkunci dan tidak akan bisa didorong untuk digeser-geser.

Selain itu, tanpa shift lock transmisi tidak akan bisa langsung dipindahkan ke posisi N dari P.

Tidak hanya itu, jika transmisi langsung di pindahkan ke posisi N ketika parkir, untuk mobil matik, kunci kontaknya akan tidak mau dicabut atau bahkan tidak mau dimatikan mesinnya sebelum transmisi berada pada posisi P.

Cara Menggunakan Tombol Shift Lock

Berikut cara menggunakan tombol shift lock:

  • Matikan mesin mobil kamu
  • Posisikan tuas transmisi di P (Park)
  • Tarik rem parkir atau rem tangan untuk memastikan mobil kamu tidak bergerak
  • Cabut kunci kontak mobil dari slotnya
  • Injak pedal rem untuk memastikan mobil tidak bergerak dengan sendirinya
  • Tekan tombol shift lock
  • Geser tuas ke posisi N (Netral)
  • Lepaskan tombol shift lock
  • Lepas injakan pada pedal rem dan pastikan mobil aman tidak bergeser
  • Perlahan lepas rem parkir sehingga mobil kamu bisa didorong jika dibutuhkan.

Shift Lock Mobil Matik

Shift Lock Model Lubang

Umumnya shift lock jenis ini disematkan pada mobil-mobil yang sudah mengusung fitur smart key atau keyless.Mobil yang pakai smart key atau remote tetap ada anak kuncinya yang berguna saat darurat dan bisa digunakan untuk mengaktifkan shift lock.

Kamu tinggal memasukkan anak kunci mobil ke lubang tersebut untuk mengaktifkannya. Perlu diingat, jika shift lock sudah diaktifkan, rem tangan jangan ditarik.

Shift Lock Mobil Matik – Semoga Artikel ini menambah wawasan dan pengetahuan kita dalam merawat kendaraan kesayangan kita.

Menambah Wawasan Kita :