10 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Lagi

10 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Lagi – Para pemilik mobil mungkin pernah mengalami masalah sistem pendinginan yang tidak terasa dingin dan hanya keluar angin. Beberapa bahkan pernah mengalami AC yang mengeluarkan suhu panas sehingga ruang dalam kabin terasa sumpek serta tidak nyaman.

AC Mobil Tidak Dingin

Tidak lengkap rasanya berkendara di mobil tanpa menggunakan Air Conditioner (AC). Suhu udara yang panas membuat menyalakan AC sehingga suasana menjadi lebih sejuk. Namun, ada saja masalah yang dimiliki, seperti AC tidak dingin. Apa saja penyebab AC mobil tidak dingin dan hanya keluar angin?

Para pemilik mobil mungkin pernah mengalami masalah sistem pendinginan yang tidak terasa dingin dan hanya keluar angin. Beberapa bahkan pernah mengalami AC yang mengeluarkan suhu panas sehingga ruang dalam kabin terasa sumpek serta tidak nyaman. Faktanya pasti berharap udara dingin saat menggunakan AC, bukan?

Tanda-Tanda AC Mobil Tidak Dingin Lagi

Air Conditioning atau AC merupakan salah satu komponen mobil yang cukup berperan penting dalam menentukan kenyamanan dalam berkendara, terutama untuk Anda yang biasa berkendara di siang hari dan sering terjebak macet.

Sayang, banyak orang yang kurang peka dengan tanda-tanda AC mobil sedang bermasalah. Padahal, deteksi dini merupakan cara terbaik mencegah kerusakan yang lebih parah. Selain itu, deteksi dini kerusakan pun akan membuat ongkos services jauh lebih ringan ketimbang saat AC sudah rusak parah.

9 penyebab ac mobil tidak dingin

  • Sebenarnya sangat mudah. Karena fungsi AC untuk menjaga suhu dalam kabin tetap dingin, maka salah satu untuk mendeteksi kerusakannya adalah, suhu AC terasa kurang dingin meskipun sudah dipaksa untuk bekerja di titik maksimal.
  • Untuk memastikannya, Anda bisa melakukan pengecekan terhadap filter AC. Biasanya, filter AC sendiri berada di balik dashbor mobil dan tersembunyi. Sesuai dengan namanya, filter AC ini berfungsi untuk menyaring debu dari karpet dan udara yang kemudian akan dihisap menuju blower AC.
  • Jika terlihat sudah kotor, segera bersihkan dengan mencucinya. Jangan lupa, gunakan sikat lembut agar filter tidak terluka saat dibersihkan. Jika usia filter AC ini sudah lebih dari 500 Km, sebaiknya Anda segera melakukan pergantian di bengkel Suzuki terdekat.
  • Jika filter AC dalam kondisi bersih dan suhu udara masih sulit mencapai titik dingin normal, Anda bisa mengecek kondensor AC. Komponen ini biasanya terletak di bagian depan mobil. jika terlihat kotor, segera bersihkan. Cek juga bagian sirip kondensorya, jangan sampai tertekuk, apalagi bocor atau patah.
  • Selain suhu yang tidak terasa dingin, kerusakan AC mobil pun bisa di lihat dari keluarnya asap putih dari lubang atau kisi-kisi AC. Biasanya masalah ini terjadi karena evaporator AC mengalami pembekuan yang di sebabkan thermostat AC yang sudah rusak.
  • Solusinya, Anda bisa langsung membersihkan evaporator AC ini. Tapi agar lebih maksimal, sebaiknya bersihkan di bengkel spesialis AC atau di bengkel resmi. Jika harus melakukan pergantian komponen, pastikan Anda memilih komponen original.

10 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Lagi

Apakah kamu pernah mengalami AC mobil yang tiba-tiba menjadi tidak dingin? Sebenarnya penyebab AC mobil tidak dingin bukan hanya karena masalah freon, tapi ada penyebab-penyebab lainnya juga.

1.Freon Habis atau Kurang

Penyebab utama AC mobil tidak dingin adalah freon yang habis atau kurang. Biasanya hal tersebut terjadi karena kebocoran freon yang biasa terjadi pada sambungan pipa, saft, dan relief valve pada kompresor.

2.Fanbelt/ Drivebelt Putus

Fanbelt berperan untuk menyalurkan putaran mesin kepada kompresor. Sehingga ketika fanbelt putus akan menyebabkan kompresor tidak berputar. Dampaknya adalah kompresor yang tidak bekerja menyebabkan freon tidak bisa bersirkulasi, kabin mobil pun akan terasa panas.

3.Kondensor Kotor

Kondensor AC yang kotor dan berkarat dapat menyebabkan kondensor tidak bekerja dengan maksimal untuk membuang panas dari gas bertekanan tinggi yang di lepas kompresor. Sehingga proses kondensasi tidak maksimal dan menyebabkan AC mobil tidak dingin.

4.Motor Extrafan Mati

Extrafan berfungsi dalam proses kondensasi pada kondensor. Sehingga, ketika extrafan mati atau berputar dengan lemah akan menyebabkan proses kondensasi tidak berjalan dengan baik dan menyebabkan AC mobil tidak dingin. Cara mengecek extrafan cukup mudah, dengan mengecek extrafan di depan kondensor apakah berputar atau tidak saat mobil di nyalakan.

5.Magnetic Clutch Rusak

Ketika Magnetic Clutch rusak, putus, terbakarnya spul sehingga center piece tidak terhubung dengan puli kompresor juga dapat menyebabkan AC mobil tidak dingin. Kamu dapat mengecek dengan melihat kompresor AC tidak bekerja tetapi fanbelt tetap bekerja.

6.Kompresor Aus

Penyebab AC mobil tidak dingin berikutnya adalah kompresor AC mobil yang duah aus dan jebol. Jika Sight Glass terlihat hitam,

maka dapat di pastikan terdapat masalah pada Receiver Dryer atau Expansion Valve. Selain itu tekanan AC yang tidak normal pun menjadi salah satu tanda kompresor AC rusak.

9 penyebab ac mobil Tidak Dingin Lagi

7.Oil Kompresor Berlebih

Volume oli pada kompresor harus dalam takaran yang pas. Jika volume oil terlalu berlebih maka ruang untuk freon berkurang, sehingga freon kurang memadai untuk mendinginkan kabin mobil.

8.Evaporator yang Kotor atau Tersumbat

Evaporator yang kotor dan tersumbat akibat debu dapat menghambat aluran udara yang di hembuskan blower. Akibatnya sistem sirkulasi AC menjadi kurang lancar dan menjadi tidak dingin.

9.Saluran Pembuangan Air Kondensasi Tersumbat

Jika terdapat kebocoran di dasbor mobil atau dasbor yang berembun ketika AC di nyalakan, maka dapat di pastikan saluran pembuangan air kondensasi tersumbat. Akibatnya AC mobil tidak dingin dan bahkan bisa menimbulkan bau tidak sedap karena karpet mobil basah.

10.Thermistor atau Thermostart yang Bermasalah

Thermistor Cooler atau Thermostat merupakan komponen yang terdapat did dalam evaporator. Komponen ini berfungsi untuk membaca temperatur dan suhu, lalu melanjutkan data yang diperoleh ke amplifier.

Di amplifier ini lah akan ditentukan dan diatur waktu cut off dari kompresor. Ketika thermistor rusak, maka sistem AC pun akan terganggu dan menyebabkan AC mobil tidak dingin.

Semua komponen-komponen di atas harus dijaga dan rawat agar AC mobil selalu dingin. Kamu harus melakukan pemeriksaan berkala agar ac mobil tetap dingin.

10 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Lagi, Semoga Artikel ini menambah wawasan dan pengetahuan kita dalam merawat kendaraan kesayangan kita.

Menambah Wawasan Kita :