Penyebab Mobil Sulit Di Starter Saat Mesin Dingin Ataupun Panas Dan Ini Solusi Cara Mengatasinya

Penyebab Mobil Sulit Di starter Saat Mesin Dingin Ataupun Panas Dan Ini Solusi Cara MengatasinyaMobil yang tiba-tiba mengalami gangguan dan tidak bisa di starter tentu mengalami gangguan di beberapa bagian. solusi untuk Mobil Sulit Di Starter Saat Mesin Dingin silakan di simak.

Mobil Tidak Bisa Di Starter

Mobil adalah kendaraan yang di lengkapi dengan berbagai macam fitur dan aksesoris. Fitur dan aksesoris tersebutlah yang membuat mobil nyaman ketika di gunakan.

Namun, terkadang tiba-tiba mobil tidak bisa di starter. Jika mengalami hal ini, fitur manakah yang mengalami gangguan dan bagaimana solusinya?

Penyebab Mobil Sulit Di Starter Saat Mesin Dingin

Mobil yang tiba-tiba mengalami gangguan dan tidak bisa di starter tentu mengalami gangguan di beberapa bagian. Fitur yang mengalami gangguan tersebut terkadang tidak Anda sadari kerusakannya. Biasanya, Anda baru akan menyadari bahwa ada bagian yang rusak ketika hendak menggunakan mobil.

Tentu ada fitur yang sangat rawan rusak apabila tidak di rawat dengan benar sehingga mobil menjadi sulit di starter. Lalu fitur apa saja yang menjadi penyebab mobil sulit di nyalakan.

Penyebab Mobil Sulit Distarter Saat Mesin Dingin Ataupun Panas Dan Ini Solusi Cara Mengatasinya

Dinamo Starter

Bagian pertama yang harus di cek jika mobil mendadak tidak bisa di gunakan adalah dinamo starter. Bagian ini termasuk komponen yang rawan sehingga Anda harus mengeceknya.

Karena dinamo memiliki fungsi untuk menggerakkan mobil, jika mengalami kerusakan maka kendaraan Anda sulit di nyalakan.

Aki

Aki juga menjadi bagian yang sering mengalami gangguan sehingga mobil mendadak mengalami dis fungsi. Terkadang mobil bisa di nyalakan tetapi di tengah jalan, mendadak mogok.

Jika tidak ingin mengalami hal tersebut rutinlah untuk melakukan perawatan pada aki.

Aliran Bahan Bakar

Alasan lain mengapa mobil tidak bisa di starter adalah karena adanya aliran yang tidak lancar. Bahan bakar mobil tidak bisa mengalir seperti biasanya sehingga mobil mendadak sulit di nyalakan. Anda bisa meminta bantuan profesional untuk mengecek alirannya.

Busi

Selain aki dan dinamo, busi juga menjadi penyebab lain yang sering terjadi. Anda bisa mengeceknya secara rutin atau pergi ke bengkel agar di bantu oleh jasa profesional.

Busi yang mengalami gangguan biasanya karena sudah terlalu lama tidak di ganti dan menjadi usang.

Koil

Jika busi, aki dan dinamo tidak ada yang mengalami kerusakan, berarti bagian koilnya. Jika koil mobil terlalu panas, bisa jadi inilah yang menyebabkan mobil sulit di nyalakan. Anda harus memastikan bahwa koil selalu dalam kondisi stabil.

Cara Mengatasi Mobil Sulit Di Starter Saat Mesin Dingin

Berikut solusi untuk Mobil Sulit Di starter Saat Mesin Dingin silakan di simak.

Coba Cek Bagian Fuel Pump

Fuel pump adalah penyebab pertama yang sering mengalami kerusakan sehingga mobil tidak bisa di nyalakan.

Fuel pump adalah fitur yang berfungsi untuk mengatur aliran bahan bakar mobil agar tetap lancar sehingga nyaman di gunakan. Ketika mobil sulit di gunakan, berarti Fuel pump mengalami masalah.

Cara mengeceknya, Anda cukup melihat dari Multi Information Display (MID) yang ada di layar mobil. Tunggu beberapa saat dan akan muncul hasilnya lewat check engine spidometer. Dari situ akan muncul kondisi terbaru dari fuel pump apakah ada masalah atau tidak.

Keadaan di dalam fuel pump saat mengalami gangguan adalah, aliran dari bahan bakar tidak bisa lancar atau terputus.

Macetnya aliran bahan bakar inilah yang menjadi penyebab mobil mendadak sulit di starter. Penyebab fuel pump menghambat aliran bahan bakar  ini bisa karena mesin dingin atau ada kotoran.

Mengganti Busi Mobil

Jika bagian busi mengalami gangguan sehingga Anda perlu menggantinya, maka lakukan hal tersebut.

Jika busi yang mengalami masalah hanya kotor, maka Anda bisa membersihkan kotoran di dalamnya. Untuk cara membersihkannya, Anda hanya cukup menggosok dengan kain bersih.

Membersihkan Karburator Secara Rutin

Selain itu, bagian karburator juga harus Anda bersihkan secara rutin. Karburator yang jarang di bersihkan hanya akan membuat noda dan kotoran menumpuk sehingga menghambat fungsinya.

Akibatnya adalah mobil Anda mendadak tidak bisa di hidupkan. Anda juga bisa membawa mobil ke bengkel untuk membersihkan.

Periksa Kondisi Aki

Aki bisa menjadi penyebab mobil Anda mendadak sulit di nyalakan. Oleh sebab itu, Anda harus rutin melakukan pengecekan sekaligus perawatan aki.

Aki yang lama tidak di rawat akan mengakibatkan disfungsi sehingga mobil bisa mogok di tengah jalan.

Selain itu, Anda juga perlu melakukan pengecekan di kedua kutub pada aki. Anda hanya perlu melepas kutub positif aki dan bersihkan kotoran yang ada di dalamnya.

Biasanya kotoran yang menempel dan tidak segera di bersihkan bisa menghambat mobil sehingga sulit di starter.

Setelah membersihkan kutub positif pada mobil, cobalah untuk melakukan pengecekan di indikator panel instrument. Anda bisa melihat apakah aki dalam keadaan menyala atau tidak.

Jika aki tidak menyala, tandanya komponen tersebut akan mengalami kerusakan atau melemah. Anda perlu mengganti dengan aki baru.

Mengapa harus melakukan pengecekan secara rutin? Sebab bisa saja aki mobil Anda kekurangan air dan tidak bisa berfungsi sama sekali.

Anda harus mengecek level air yang ada di dalam aki beserta tegangan listriknya. Jangan sampai mobil Anda mogok di tengah jalan.

Periksa Alternator Dan Dinamo Starter

Penyebab mobil tidak bisa distarter kemungkinan bisa juga karena ada masalah di bagian alternator dan dinamo.

Biasanya kerusakan pada dua bagian ini terjadi pada mobil yang telah berusia lebih dari 8 tahun. Jika alternator mengalami kerusakan maka tidak bisa lagi  menyalurkan listrik dari aki.

Alternator memiliki fungsi untuk tetap menjaga tegangan pada daya listrik air aki agar selalu dalam kondisi yang stabil.

Ciri-ciri alternator jika akan mengalami disfungsi adalah arus listrik sudah tidak stabil lagi, logo aki selalu ON dan mobil mendadak sulit di nyalakan.

Untuk dinamo sendiri memiliki fungsi menggerakan mobil agar bisa di gunakan. Jika mobil tidak bisa di nyalakan berarti ada masalah pada bagian dinamo.

Jika mobil Anda jenis matic, dinamo yang rusak tersebut harus segera di ganti dengan membawanya ke bengkel.

Anda bisa membawanya ke bengkel untuk mengecek kedua fitur ini, karena di khawatirkan ada kerusakan serius. Jangan sampai di biarkan begitu saja karena hanya akan memperburuk tingkat kerusakan.

Mengecek Suhu Pada Koil Secara Rutin

Suhu pada koil juga menjadi komponen penting yang harus selalu Anda perhatikan. Jika suhu koil terlalu tinggi, hal itu bisa menjadi penyebab dari mobil sulit dinyalakan.

Akan tetapi jika mobil lancar distarter dan tidak bisa jalan, koil tersebut perlu diganti dengan yang baru.

Anda memang harus rutin melakukan pengecekan komponen penting seperti koil ini. Jika mengalami kesulitan saat starter, jangan langsung panik. Anda bisa menghubungi bengkel jika tidak bisa memperbaikinya sendiri.

Lihat Kondisi Sekring Mobil Anda

Sekring mobil berfungsi untuk membantu agar mobil bisa dihidupkan. Jadi apabila mobil mendadak tidak bisa digunakan dan bagian aki beserta busi dalam kondisi stabil, kemungkinan kerusakan terjadi pada bagian sekring.

Dalam sekering terdapat dua kutub, positif dan negatif. Kedua kutub tersebut dihubungkan dengan sebuah kabel penghubung.

Jika kabel penghubung tersebut terputus, bisa jadi itulah penyebab mobil tidak bisa distarter. Anda tinggal menyatukannya kembali, tetapi jika tidak bisa cobalah untuk menghubungi jasa montir terdekat.

Selain hal-hal di atas, Anda juga perlu melakukan pengecekan di beberapa komponen lain seperti oli mesin, kelistrikan dan pendinginan. Bagian ini juga rawan rusak dan bisa saja menjadi penyebab mobil sulit di nyalakan.

Penyebab Mobil Susah Di Starter Saat Panas

Hal seperti ini jelas membuat pengemudi menjadi tidak nyaman. Tetapi banyak pemilik mobil merasa cuek saat mobil susah di starter saat panas. Padahal jika di diamkan, efeknya bisa merusak komponen lainnya.

Terkadang kerusakan ini bukan di dasari oleh faktor usia. Kerusakan seperti ini terkadang juga bisa di sebabkan dari kesalahan si pemilik mobil itu sendiri.

Misalnya kurang merawat kendaraan. Atau akibat salah memasang komponen yang ada di mobil. Umumnya, kerusakan tersebut tidak langsung terjadi secara tiba-tiba.

Penyebab Mobil Sulit Distarter Saat Mesin Dingin Ataupun Panas Dan Ini Solusi Cara Mengatasinya

  • Alternator / Dinamo Ampere

Salah satu penyebab mobil menjadi susah di starter saat panas bisa di sebabkan oleh alternator yang rusak. Alternator atau dinamo ampere terkadang menjadi salah satu penyebabnya.

Alternator sejatinya memiliki tugas untuk memproduksi daya listrik yang di butuhkan mobil. Saat komponen ini rusak, biasanya terdapat beberapa gejala sebelum rusak total.

Misalnya ac menjadi tidak dingin, starter mesin mulai agak lama, indikator aki pada panel instrumen speedometer mulai menyala dan lampu menjadi agak redup.

Gejala-gejala tersebut merupakan salah satu tanda jika alternator sudah mulai jelek. Kalau di diamkan, efeknya mobil bisa mati saat sedang di jalankan.

Untuk mobil manual masih bisa di nyalakan dengan cara mendorong. Tapi kalau mobil matic, benar-benar tidak bisa di bantu kecuali memperbaiki alternatornya.

Penyebab dinamo starter ini rusak bisa saja di karenakan beban listrik yang terlalu besar. Misalnya menambahkan komponen speaker dan aksesoris yang berhubungan dengan kelistrikan.

Saat komponen ini rusak, pengisian aki menjadi tidak maksimal. Solusinya adalah bisa dengan melakukan servis di bengkel spesialis dinamo.

Akan lebih baik pada mobil yang sudah lebih dari 10 tahun di pasangkan voltmeter. Voltmeter ini bisa di pasangkan di lubang lighter.

Di dalam voltmeter nantinya akan menampilkan tegangan listrik pada mobil. Normalnya tegangan ini berkisar 13 volt sampai 13,8 volt. Di bawah batas minimum atau melebihi batas maksimal sudah menjadi indikasi kalau dinamo ampere mulai jelek.

  • Koil Mulai Melemah

Penyebab lainnya adalah koil. Jika komponen aki dan alternatornya baik-baik saja, Carmudian bisa melanjutkan identifikasi pada bagian koil.

Koil ini merupakan komponen yang ada di bagian pengapian pada mobil. Makanya komponen ini bisa di bilang jadi salah satu komponen yang cukup penting pada mobil.

Terkadang banyak bengkel atau pemilik mobil melupakan koil sebagai salah satu penyebab mobil susah di starter saat panas.

Koil yang sudah mulai jelek biasanya tidak menghasilkan api dengan stabil. Fungsi dari koil adalah menaikkan tegangan dari aki untuk di teruskan ke busi. Busi nantinya akan menghasilkan percikan bunga api di dalam ruang bakar.

Kalau tiba-tiba mobil kemudian mati mendadak saat panas, jangan panik. Coba diamkan mobil beberapa saat, lalu bisa cek bagian koilnya. Koil biasanya berjumlah sesuai dengan silinder mobil. Kalau mobilnya 4 silinder, maka koilnya ada 4.

Kalau mobilnya 6 silinder, maka terdapat 6 koil. Lalu, bagaimana bisa tahu kalau koil pada mobil kita sudah mulai jelek? Ada beberapa indikasi dari koil mobil yang sudah mulai jelek.

  • Menyalakan Mesin Menjadi Agak Lama

Seperti yang sudah di jelaskan sedikit di atas, kerusakan biasanya tidak datang tiba-tiba. Kalau mobil kamu tiba-tiba saat mau di nyalakan agak lebih lama, kamu bisa curiga ke koil.

Sulit di starter ini biasanya tidak hanya terjadi saat mesin panas. Tetapi saat mesin dingin juga bisa menjadi salah satu indikasi kalau koilnya sudah mulai jelek.

  • Mobil Agak Brebet

Ketika sudah menyala dan mesin agak panas, biasanya mobil tetap brebet. Umumnya koil yang rusak bisa membuat mobil menjadi agak brebet.

Kalau sudah begini Carmudian bisa segera melakukan penelusuran. Jangan sampai di diamkan, karena bisa memberika efek kepada komponen yang lain.

  • Saat Panas Mobil Mati

Setelah mengalami brebet, biasanya saat mesin mobil panas akan mati mendadak. Nah, jika kamu mengalami hal seperti ini coba langsung saja lakukan pengecekan di bagian koil.

Terkadang kerusakan ini terjadi pada 1 atau 2 koil. Akan lebih baik semua koilnya di periksa supaya lebih terkuak darimana asal kerusakannya.

  • Ada Percikan

Koil yang sudah mulai rusak biasanya menghasilkan percikan di sekitar pengapian. Cara mengetahuinya bisa menggunakan spray air. Pada beberapa kasus percikan ini sangat tak kasat mata. Salah satu cara memeriksanya bisa memakai spray air untuk menyemprot bunga.

Semprot ke bagian kabel busi atau sekitar koil. Semburan dari partikel air ini saat menyentuh percikan api akan langsung terlihat seperti kembang api.

  • Bensin Lebih Boros

Faktor terakhir koil yang mulai rusak adalah bensin menjadi lebih boros. Hal ini karena pengapian pada mobil menjadi tidak stabil. Efeknya mesin tidak mencapai performa terbaik dan bahan bakar menjadi lebih boros.

Biasanya knalpot akan lebih bau bensin saat mesin sedang menyala. Tapi bahan bakar yang boros juga tidak selalu menjadi indikasi koil rusak.

Penyebab Mobil Sulit Distarter Saat Mesin Dingin Ataupun Panas Dan Ini Solusi Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Mobil Mati Mendadak Saat Panas

  1. Hal terpenting untuk mengatasi kejadian seperti ini jangan panik. Saat mobil mati mendadak saat mesin sudah panas, segera menepi.
  2. Setelah menepi kamu bisa membuka kap mesin dan mendiamkan dulu mesin agar lebih dingin. Setelah di diamkan 10 menit, coba periksa bagian pengapian terlebih dahulu.
  3. Cek bagian koil, kabel busi dan busi jika membawa alat-alat di bagasi. Jika pengapian normal, cek bagian alternator. Setelah di diamkan beberapa saat, coba nyalakan mesin. Jika bisa menyala, perhatikan apakah ada perbedaan.
  4. Kalau alternator yang rusak, biasanya listrik jadi tidak stabil. Misalnya radio suaranya tiba-tiba mengecil, atau ac menjadi kurang dingin.
  5. Kalau Carmudian benar-benar tidak mengerti mesin, sebaiknya segera ke bengkel saat mobil sudah kembali menyala. Segera datangi bengkel terpercaya untuk mencari penyebab mobil yang mati mendadak.

Penyebab Mobil Sulit Distarter Saat Mesin Dingin Ataupun Panas Dan Ini Solusi Cara Mengatasinya – Semoga Artikel ini menambah wawasan dan pengetahuan kita dalam merawat kendaraan kesayangan kita.

Menambah Wawasan Kita :