Lampu Mobil | Jenis Lampu | Aturan Warna Lampu | Lampu Berembun

Lampu Mobil | Jenis Lampu | Aturan Warna Lampu | Lampu Berembun – Seiring perkembangan zaman, utamanya di dunia otomotif, ada banyak dijumpai berbagai jenis lampu untuk mobil. Fungsi dari lampu mobil pun juga bermacam-macam. Apa saja jenis dan fungsi lampu mobil?

Lampu Mobil

Sekarang ini fungsi lampu mobil bukan hanya sebagai penerang saja. Tetapi sudah berkembang menjadi aksesoris yang mempercantik penampilan mobil.

Ada banyak jenis lampu mobil yang bisa dijadikan pilihan, baik untuk fungsi utama sebagai penerang ataupun digunakan untuk aksesoris tambahan.

Selama ini orang mengenal lampu mobil hanya sebatas pada fungsi utama. Seiring perkembangan zaman, utamanya di dunia otomotif, ada banyak dijumpai berbagai jenis lampu untuk mobil.

Fungsi dari lampu mobil pun juga bermacam-macam. Apa saja jenis dan fungsi lampu mobil? Berikut ini pembahasannya.

Mengenal Beragam Lampu Mobil Secara Umum

Perkembangan teknologi memang sudah sedemikian pesat. Hal tersebut berdampak pada berbagai bidang, termasuk diantaranya juga pada dunia otomotif. Berbagai kecanggihan teknologi turut memberi imbas pada perkembangan dunia otomotif.

Kalau  dahulu orang memiliki sebuah mobil adalah sebagai sarana kebutuhan transportasi, sekarang ini fungsi mobil sudah berubah.

Kadang seseorang membeli mobil hanya untuk sebuah koleksi saja. Akibatnya, hal tersebut juga berimbas pada cara orang merawat dan menggunakan mobil tersebut.

Memiliki mobil sebagai sarana transportasi, maka kelengkapan  komponen mobil tentunya  juga sebatas pada kebutuhan sebagai alat transportasi.

Tetapi lain halnya bila fungsi mobil adalah sebagai koleksi, maka komponen yang ditambahkan lebih pada nilai artistik atau keindahan selain fungsi utama.

Demikian juga terdapat pada komponen lampu mobil. Lampu merupakan bagian komponen dari mobil yang memiliki fungsi penting.

Selain sebagai sarana penerangan, aksesoris atau untuk mempercantik mobil, lampu mobi ternyata juga mempunyai berbagai fungsi, baik bagi pengendara maupun bagi orang lain.

Lampu Mobil

Jenis Lampu Mobil Terbaik

Namun sebelum membahas berbagai fungsi lampu mobil, sebaiknya lebih dahulu mengetahui, varian lampu mobil yang biasa dipakai atau dipasang pada mobil.

Jenis lampu mobil ini dibedakan berdasarkan bahan dan juga tingkat intensitas cahayanya. Berbagai varian lampu mobil diantaranya adalah.

Halogen

Jenis lampu halogen ini merupakan jenis lampu yang paling banyak digunakan pada mobil. Biasanya lampu halogen ini dipasang pada penerang utama (headlamp), yaitu pada bagian depan mobil. Kekuatan yang dihasilkan oleh lampu halogen ini berkisar antara 35-55 watt.

Lampu halogen memiliki cara kerja dengan mengoperasikan filamen pada suhu tinggi. Karena  lampu halogen ini menggunakan filamen seperti lampu pijar pada umumnya, dalam pengoperasian filamen ini dapat menghasilkan cahaya atau pijar yang lebih terang.

HID (High Intensity Discharge)

Berbeda dengan lampu halogen, lampu HID dibuat tanpa menggunakan filamen. Cahaya yang ada dihasilkan dari pengapian gas Xenon yang berada di dalam tabung.

Meskipun tanpa filamen, cahaya yang dihasilkan lebih terang dibandingkan dengan lampu halogen.

Di samping itu, cahaya yang dihasilkan juga lebih tahan lama, meskipun tanpa membutuhkan daya yang tinggi.

Tetapi sayangnya, penggantian lampu jenis ini membutuhkan arus listrik yang berbeda, sehingga prosesnya agak rumit karena harus menggunakan ballast untuk menyeimbangkannya.

LED (High Emitting Diodes)

Lampu LED sudah lama dikenal sebagai lampu penerang dalam ruangan. Pada kendaraan bermotor, lampu jenis ini biasa digunakan untuk rem dan juga pada plat motor.

Tetapi sekarang ini, lampu LED juga sering digunakan sebagai lampu utama pada kendaraan bermotor.

Lampu LED mobil ini memiliki beberapa keunggulan, diantaranya, dengan daya yang lebih kecil, intensitas cahaya yang dihasilkan jauh lebih terang dan kuat, dibandingkan dengan lampu HID.

Lampu ini juga mempunyai ketahanan yang lebih baik, sehingga cenderung tahan lama.

Alasan lampu ini banyak digunakan, karena dalam pemasangannya tidak ribet,  tidak membutuhkan ballast pada pemasangannya.

Namun demikian, untuk pemasangannya membutuhkan penambahan relay dan conversion kit yang biasanya sudah merupakan satu paket dalam pembelian lampu LED.

Macam – Macam Lampu LED

Lampu LED sendiri dibagi menjadi beberapa macam, diantaranya adalah.

LED Limited

biasa digunakan sebagai lampu utama karena memiliki daya yang tinggi.

LED Cree

 merupakan lampu tambahan yang biasa digunakan pada rem dan juga sebagai sein.

LED COB (chip and board )

 lampu ini merupakan susunan deretan chips dalam satu papan, dan biasa digunakan sebagai lampu kabin platform.

Jenis Lampu Mobil Berdasarkan Fungsinya

Selain dibedakan berdasarkan bahannya, lampu mobil juga dibedakan berdasarkan fungsinya. Pembagian jenis lampu mobil berdasarkan fungsinya, diantaranya adalah.

Lampu Mobil

Lampu Senja (Lampu Kota)

Merupakan lampu yang harus dinyalakan saat kendaraan berjalan, meskipun cuaca sedang terang dan disiang hari.

Jenis ini berada pada lampu kepala  dan akan langsung menyala saat menekan saklar utama. Dengan pertimbangan lebih irit, lampu kota sering menggunakan lampu jenis LED

Lampu Tail (Stop Lamp)

Jenis pertama yaitu lampu tail, berwarna merah yang merupakan isyarat pada kendaraan di belakang, bahwa mobil akan berhenti.

Lampu ini terletak di bagian belakang mobil dan berada satu saklar dengan lampu senja. Lampu yang digunakan biasanya adalah jenis lampu LED, karena terkesan mewah dan futuristik.

Lampu Dekat (Low Beam)

Fungsi utama dari lampu dekat untuk menerangi jalan di depan mobil dalam jarak pendek sekitar 5 meter. Low beam biasa dinyalakan pada malam hari pada jalanan yang ramai serta  terang atau cukup pencahayaannya.

Lampu Jauh (High Beam)

Merupakan kebalikan dari lampu dekat, lampu jauh digunakan saat perjalanan malam hari dengan kondisi jalan sepi serta gelap.

Jarak jangkauan dari lampu ini sekitar 10 meter. Jenis high Bean yang digunakan biasanya dari halogen dan berada satu saklar dengan lampu dekat

Lampu Kabut (Fog Lamp)

Seperti namanya, lampu ini digunakan pada saat perjalanan dalam suasana kabut tebal. Terletak di bagian bawah bumper dengan warna lampu kuning terang.

Lampu Rem (Brake Light)

Brake light mempunyai ciri khas, yaitu biasanya berwarna merah. Lampu ini terletak di bagian belakang yang bertujuan memberi tanda pada pengendara lain bahwa mobil Anda akan berhenti. Lampu ini akan menyala terang saat pedal rem diinjak

Lampu Sein (Turn Signal Lamp)

Lampu sein merupakan lampu isyarat pada kendaraan lain bahwa mobil akan belok ke arah kanan atau kiri. Lampu ini diharuskan berwarna kuning sebagai tanda kendaraan di belakang untuk pelan-pelan dan hati-hati.

Lampu Hazard

Lampu mobil ini hanya dinyalakan saat mobil dalam keadaan darurat saja dengan cara menyalakan sein kanan dan kiri secara bersamaan.

Lampu Mundur

Bentuk dari lampu mundur Adalah berwarna kuning keputihan yang akan menyala saat mobil dalam posisi akan bergerak mundur.

Posisi lampu ini berada di bagian belakang mobil, sehingga kendaraan yang ada di belakangnya bisa mengetahuinya.

Lampu Kabin

Satu-satunya lampu mobil yang berada di dalam interior mobil adalah lampu ini. Lampu ini digunakan untuk penerangan di malam hari.

Lampu kabin biasanya berwarna kuning redup agar tidak mengganggu pandangan kendaraan yang ada di belakangnya.

Ternyata ada banyak sekali jenis lampu untuk mobil, baik dilihat dari bahannya, maupun dari kegunaannya.

Bagi pecinta otomotif, bebas untuk memilih jenis lampu untuk mempercantik mobilnya, asalkan tetap sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan.

Aturan Warna Lampu Mobil

Anda harus ingat bahwa pengendara yang memakai lampu dengan cahaya yang terlalu terang dan menggangu pandangan pengendara lain itu tidak mencerminkan etika dan empati.

Dalam Peraturan Pemerintah 55 Tahun 2012 yang mengacu pada UU no. 22 tahun 2009 pasal 48 ayat 3 tentang sistem lampu dan alat pemantul cahaya, disebutkan warna lampu yang legal atau diperbolehkan. Ketentuan-ketentuannya meliputi:

  1. Lampu utama dekat berwarna putih atau kuning muda.
  2. Lampu utama jauh berwarna putih atau kuning muda.
  3. Lampu penunjuk arah berwarna kuning tua, dengan sinar kelap-kelip.
  4. Lampu rem berwarna merah.
  5. Lampu posisi depan berwarna putih atau kuning muda.
  6. Lampu posisi belakang berwarna merah.
  7. Lampu mundur dengan warna putih atau kuning muda, kecuali untuk kepeda motor.
  8. Lampu penerangan tanda nomor kendaraan bermotor di bagian belakang berwarna putih.
  9. Lampu isyarat peringatan bahaya berwarna kuning tua, dengan sinar kelap-kelip.
  10. Lampu tanda batas dimensi kendaraan bermotor, berwarna putih atau kuning muda, untuk kendaraan bermotor yang lebarnya lebih dari 2.100 mm untuk bagian depan, dan berwarna merah untuk bagian belakang.
  11. Alat pemantul cahaya berwarna merah, yang ditempatkan pada sisi kiri dan kanan bagian belakang kendaraan bermotor.

Bagaimana, masih ingin mengganti-ganti lampu standar keluaran pabrikan? JIka memang masih berminat, perhatikan dulu ketentuan-ketentuan di atas agar Anda tidak melanggar hukum yang berlaku.

Lampu Mobil Berembun

Lampu mobil adalah bagian penting dalam menjamin visibilitas saat berkendara. Salah satu masalah yang paling sering ditemukan pada lampu mobil adalah munculnya embun.

Lampu mobil yang berembun, selain membuat tampilannya jadi kurang menarik juga akan mengurangi terang yang dipancarkan dari mobil. Bahkan, sulit bagi banyak orang untuk membersihkan embun yang berada di dalamnya.

Lampu Mobil

Apa Penyebab Mobil Berembun?

Nissan Lovers, munculnya proses pengembunan ini sering terjadi akibat tidak rapatnya sil atau mika dalam kaca. Akibatnya, bagian tersebut dimasuki udara dari luar.

Udara yang terperangkap akan mengalami perbedaan suhu dengan bagian luar lampu. Perbedaan suhu inilah yang kemudian menimbulkan embun menempel di kaca lampu.

Terbukanya sil atau mika kaca biasanya disebabkan karena kebiasaan pemilik untuk memarkirkan mobilnya di luar ruangan dan terkena sinar matahari langsung.

Panas matahari akan membuat sil atau mika kaca kaku sehingga menimbulkan getas dan retak. Terbukanya sil juga bisa jadi disebabkan oleh usia mobil yang terlampau lama.

Bahaya Embun Pada Mobil

Bila menemukan lampu mobil yang berembun, sebaiknya segera dilakukan tindakan. Lampu mobil berembun akan membuat warna lampu kusam.

Kekusaman ini diakibatkan oleh jamur yang tumbuh subur di tempat lembap. Semakin kusam lampu, maka semakin buruk penerangannya.

Selain itu, embun juga berpotensi membuat bohlam pecah. Ketika bohlam menyala, tak hanya cahaya yang dihasilkan tetapi juga panas.

Bila air embun menyentuh bohlam, terjadi perbedaan suhu yang berpotensi besar memecah kaca bohlam.

Hal ini belum termasuk dengan potensi korsleting listrik yang bisa saja terjadi ketika air menyentuh kabel lampu sehingga terjadi kebakaran.

Cara Mengatasi Embun Pada Mobil

Untuk membersihkan embun dari rumah lampu sebenarnya cukup mudah. Berhentilah di tempat yang tidak terkena hujan. Kemudian, nyalakan lampu seperti biasa dalam beberapa menit. Panas dari lampu akan membuat embun menghilang dengan sendirinya.

Namun, cara ini juga tergantung pada pori-pori lampu utama. Bila embun jadi genangan air, maka tidak ada cara lain selain membuka lampu sein.

Pertama, periksa bagian belakang rumah lampu. Lihat bagian lubang udara apakah tersumbat atau tidak. Ketika tersumbat, maka bersihkan agar kotoran tidak menempel. Keluarkan embun melalui lampu sein dengan melepasnya searah jarum jam.

Ketika terlepas, nyalakanlah lampu mobil selama beberapa menit hingga embun hilang. Ketika sudah kering, maka pasang kembali lampu sein seperti semula.

Menghilangkan embun pada rumah lampu mobil akan membuat tampilan mobil semakin bersih dan tetap tampil trendi.

Nissan Juke memiliki desain lampu depan yang begitu menawan. Dengan fitur Aligator Hood Lights, tampilan Nissan Juke jadi terlihat lebih garang dan tentunya lebih fungsional untuk menerangi jalan selama berkendara.

Jadi lebih percaya diri dengan mengendarai mobil berkesan sporty ini. Jadi pastikan untuk menghindari embun pada lampu Nissan Juke Anda.

Lampu Mobil | Jenis Lampu | Aturan Warna Lampu | Lampu Berembun – Semoga Artikel ini menambah wawasan dan pengetahuan kita dalam merawat kendaraan kesayangan kita.

Menambah Wawasan Kita :