Kaca Mobil Berembun | Penyebab | Proses | Solusi | Mengatasi Saat Perjalanan

Kaca Mobil Berembun | Penyebab | Proses | Solusi | Mengatasi Saat Perjalanan AC mobil adalah salah satu komponen yang menyebabkan munculnya embun di kaca mobil. Ketika atau setelah hujan umumnya kelembaban udara di luar kabin cukup tinggi.

Kaca Mobil Berembun

Visibilitas penting dijaga ketika Anda berkendara apalagi saat musim hujan dan seringkali terjadi kaca mobil yang tiba-tiba berembun. Hal ini bisa lebih terjadi di malam hari karena suhu malam hari cenderung lebih dingin dibandingkan siang.

Tiap bidang permukaan, termasuk kaca mobil pun menjadi dingin. Bagi pengendara, embun sangat mengganggu penglihatan dan mengurangi jarak pandang karena membuat kaca menjadi biru.

Penyebab Munculnya Embun

AC mobil adalah salah satu komponen yang menyebabkan munculnya embun di kaca mobil. Kabin mobil yang lembab karena banyaknya partikel air ketika terkena hawa dingin dari AC mobil yang dingin , maka muncullah embun di kaca mobil.

Selain itu, pada pagi hari, ketika atau setelah hujan umumnya kelembaban udara di luar kabin cukup tinggi.

Sehingga, udara akan lebih mudah berubah jadi embun atau kabut yang menempel di kaca mobil.  Embun di dalam kabin mobil muncul karena tingkat kelembaban udara tinggi.

Embun pada kaca bisa muncul juga bisa karena adanya perbedaan suhu antara kabin dan suhu di luar. Suhu kabin yang lebih panas ketimbang suhu di luar bisa memunculkan embun di kaca mobil.

Kaca Mobil Berembun

Proses Terbentuknya Embun

Proses terbentuknya embun disebut dengan kondensasi. Ketika hujan, udara di dalam kabin awalnya akan mengikuti udara di luar yang mengandung kelembaban yang tinggi.

Karena kita berada di dalam mobil, embusan nafas yang juga sudah mengandung banyak uap air akan bertemu dengan tekanan udara dalam kabin.

Uap air yang sudah tidak bisa ditampung, baik itu oleh tubuh atau pun udara kabin, otomatis akan mencari lokasi yang terdingin.

Nah, yang paling dekat adalah kaca mobil dan terjadilah kondensasi pada kaca mobil. Kadar embun ini akan lebih banyak ketika kabin mobil diisi lebih dari satu penumpang.

Penyebab Kaca Luar mobil Berembun Saat AC Nyala

Ada beberapa penyebab kaca luar mobil berembun saat AC nyala. Di antara lain:

Hanya menyalakan Blower AC

Anda hanya menyalakan blower AC mobil saat sedang hujan karena sudah terlalu dingin. Namun embun bisa tetap muncul karena pada dasarnya kabin tetap lebih panas daripada suhu di luar mobil.

Masalah Dengan AC

Walaupun Anda sudah menyalakan AC dengan suhu dingin tapi tetap muncul embun, berarti bisa jadi ada masalah di sistem pendingin mobil. Seharusnya AC yang sudah dingin akan meminimalisir kemunculan embun.

​​​​​​​AC Terlalu Dingin

Embun yang ada di kaca luar mobil bisa terjadi juga karena suhu AC terlalu dingin. Coba perhatikan bis malam. Pasti Anda bisa melihat embun yang muncul.

Tentunya itu karena AC yang dipasang terlalu dingin sehingga suhunya lebih kecil daripada di luar kabin bus.

Jadi bisa dibilang, embun tidak hanya bisa muncul karena suhu kabin lebih panas daripada di luar. Tapi bisa juga dengan sebaliknya.

Solusi Masalah Embun Saat AC Nyala

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar bisa mendapatkan solusi paling tepat dari masalah ini. Seperti:

Membuka Kaca Samping

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuka kaca samping mobil. Cara ini terhitung lebih ampuh dibandingkan memilih menurunkan suhu AC agar lebih dingin. Jadi secara hasil yang dirasakan akan lebih terlihat.

Lap Kaca Dengan Kain

Untuk kaca bagian dalam yang berembun, Anda bisa mengelapnya dengan kain. Apapun jenis kainnya walaupun disarankan yang mampu menyerap cairan. Tapi kalau memang tidak ada, itu bukan menjadi satu hal yang wajib.

Kalau kaca bagian luar yang berembun, khususnya bagian depan dan belakang, maka Anda bisa membersihkannya dengan wiper. Jangan lupa semprotkan air washer karena cairan sabun di dalamnya cukup membantu.

Kaca mobil baret bisa dikarenakan Anda menggunakan lap kain yang kotor. Untuk itu gunakan kain kanebo yang bersih dan gunakan khusus cairan untuk kaca. Sehingga baretpun tidak terjadi.

Gunakan Defogger

Jika mobil Anda memiliki fitur defogger, sebaiknya maksimalkan teknologi ini. Defogger adalah teknologi untuk menghilangkan embun di bagian kaca belakang mobil.

Fitur ini bekerja dengan cara memanaskan kaca mobil berkat kawat garis-garis yang sudah menempel di kaca belakang mobil Jadi dari sisi keselamatan, Anda tetap bisa mendapatkan visibilitas yang baik ketika melihat spion tengah.

Kaca luar mobil berembun saat AC nyala memang bukan suatu kejadian yang bisa Anda hindari.

Tapi ketika masalah ini muncul, Anda sudah mendapatkan solusi membersihkannya dengan beberapa cara di atas.

Mengatasi Kaca Mobil Berembun Saat Perjalanan

Embun Tentu sangat berbahaya lantas bagaimana cara mengatasi kaca mobil Anda ketika berembun dan mengganggu aktivitas berkendara Anda.

Kaca Mobil Berembun

Turunkan Suhu Dalam Mobil

Embun muncul karena adanya perbedaan temperatur antara di dalam dan luar mobil. Untuk itu, langkah yang bisa Anda lakukan ketika embun muncul adalah menurunkan suhu di dalam mobil sehingga kondensasi pun akan berkurang.

Atur suhu kipas yang paling tinggi agar sirkulasi udara bisa lebih maksimal. Kemudian turunkan suhu mobil hingga yang paling rendah namun pada tingkatan yang masih bisa ditolerir.

Resirkulasi Udara Dalam Mobil

Opsi lain untuk menghilangkan kaca mobil berembun adalah menggunakan tombol resirkulasi.

Dengan mengaktifkan fungsi ini, mobil akan memasukan udara dari luar mobil dan menghembuskan udara tersebut tanpa mengubah suhu.

Hal ini dapat mencegah adanya perbedaan suhu. Tak perlu berlama-lama resirkulasi udara di dalam mobil, bila sudah cukup embun menghilang maka Anda bisa mematikan fitur tersebut.

Mengaktifkan AC Dan Wiper

Embun tak hanya terjadi bila suhu udara di luar dingin, namun juga bisa sebaliknya.

Saat udara luar panas, dan suhu di dalam mobil dingin ini juga memungkinkan titik-titik embun muncul pada kaca.

Untuk menghilangkannya, Anda bisa mengurangi kecepatan AC.Apabila AC dalam mobil bekerja dengan baik, suhu otomatis menurun secara cepat.

Mengurangi suhu AC mobil secara otomatis mengurangi embun yang menempel di kaca. Bisa juga menggunakan wiper dalam menyeka embun-embun tersebut.

Pastikan wiper dalam pengaturan yang paling pelan supaya tak mengganggu penglihatan Anda.

Membuka Jendela

Cara paling cepat dan mudah menghilangkan embun adalah membuka jendela.

Bukalah jendela dalam waktu singkat dan biarkan embun menghilang. Setelahnya tutup kembali agar AC di dalam mobil bisa kembali terasa.

Semoga Artikel ini menambah wawasan dan pengetahuan kita dalam merawat kendaraan kesayangan kita.

Menambah Wawasan Kita :