468*600

5 Tips Dan 3 Cara Memarkir Mobil Dalam Keadaan Menanjak Atau Menurun

5 Tips Dan 3 Cara Memarkir Mobil Dalam Keadaan Menanjak Atau MenurunMungkin banyak dari Anda yang belum tahu bahwa posisi ban yang benar saat parkir di turunan atau tanjakan itu sangat penting. Kalau biasanya kita memarkirkan mobil dengan posisi ban lurus kedepan sesuai dengan setir, tapi untuk saat parkir di turunan atau tanjakan posisi ban yang lurus ke depan sangat tidak di sarankan.

3 Cara Memarkir Mobil Dalam Keadaan Menanjak Atau Menurun

Ada kalanya mobil yang Anda kendarai terpaksa harus parkir di daerah tanjakan. berikut smart tips yang perlu di ketahui agar mobil Anda tetap dalam keadaan aman saat parkir di daerah tanjakan:

    1. Aktifkan Rem Tangan

Rem tangan merupakan salah satu komponen  yang di jadikan sistem keselamatan pada mobil. Gunanya  adalah sebagai pengunci roda belakang supaya tidak dapat bergerak maju ataupun mundur saat melakukan parkir. Bayangkan jika tidak ada rem tangan, pengendara akan kesulitan untuk memarkir di daerah tanjakan.

Namun, menggunakan rem tangan yang keliru dapat menyebabkan kabel rem lebih cepat putus loh,Rusaknya kabel rem justru menambah biaya untuk memperbaikinya. Jadi, sebelum Anda menambahkan gas pada mobil Anda, pastikan rem tangan dalam keadaan unlock. Jadi saat Anda melepaskan rem tangan dan menambahkan gas, harus stabil dan seimbang sehingga kabel rem tidak cepat putus.

    1. Aktifkan Mode Parkir

Untuk mobil matic, lakukan pencocokan tuas transmisi dengan kondisi jalan. Hal ini dapat di lihat dari seberapa miring kondisi tanjakan, lumayan landai atau terlalu curam.

    1. Mengunci Setir Mobil

Dalam keadaan seperti ini, kunci setir yang di maksud adalah kunci setir otomatis. Jadi bukan mengunci dengan menggunkan alat. Setelah mengunci mobil, pengendara memutar setir terlebih dahulu sekitar 60 – 75 derajat sampai setir mobil tak dapat di gerakan kembali. Untuk di daerah tanjakan, Anda perlu mengunci setir ke arah trotoar.

Hal tersebut dilakukan agar menghindari pergeseran mobil di karenakan turun dengan tidak sengaja. Namun, beberapa orang berpendapat bahwa mengunci setir mobil saat meninggalkan mobil di tempat parkiran dapat merusak steering mobil. Kondisi ban yang tidak lurus saat setir terkunci bisa memengaruhi power steering apalagi saat mobil parkir di daerah tanjakan.

Ternyata mengunci setir mobil tidak dapat merusak steering mobil di karenakan tidak ada hubungan diantara keduanya. Justru mengunci setir mobil dalam keadaan parkir dapat memberikan keamanan pada mobil Anda dari pencurian. Mengapa? Karena untuk mengaktifkan kembali setir agar dapat bekerja, kunci mobil harus terlebih dahulu dimasukan. Setelah itu, mobil dapat kembali berputar dengan normal.

5 Tips Dan 3 Cara Memarkir Mobil Dalam Keadaan Menanjak Atau Menurun

Begini Posisi Ban yang Benar Saat Parkir di Turunan atau Tanjakan

Mungkin banyak dari Anda yang belum tahu bahwa posisi ban yang benar saat parkir di turunan atau tanjakan itu sangat penting. Kalau biasanya kita memarkirkan mobil dengan posisi ban lurus kedepan sesuai dengan setir, tapi untuk saat parkir di turunan atau tanjakan posisi ban yang lurus ke depan sangat tidak di sarankan.

Lalu, posisi ban seperti apa yang benar?

Saat akan memarkirkan mobil di jalanan turunan ataupun tanjakan, posisi ban yang di sarankan adalah sedikit di belokkan ke kiri maupun ke kanan. Jika Anda memarkirkan mobil di jalanan turunan, maka posisi ban yang paling di sarankan adalah membelokkan posisi ban depan ke trotoar yang ada di sebelah kiri bodi mobil.

Dengan posisi ban depan seperti ini, cengkraman ban akan lebih maksimal dan kemungkinan mobil nyelonong bisa di minimalisir. Sebaliknya, jika Anda memarkirkan mobil di jalanan yang menanjak, agar aman dan risiko nyelonong sendiri bisa di minimalir, membelokkan sedikit posisi ban bagian depan berlawanan dari sisi trotoar sangat disarankan.

Posisi ban yang di sarankan di atas ketika ingin parkir di tanjakan atau turunan akan lebih maksimal keamanannya jika kendaraan Anda di lengkapi dengan fitur Hill Hold Control.

Apakah  Hill Hold Control itu?

Hill Hold Control (HHC) akan menahan kendaraan tidak meluncur di tanjakan atau turunan. Saat menanjak atau menurun dari posisi diam, fitur ini akan memberi jeda sekitar 2 detik supaya kaki pengemudi bisa melepaskan rem kemudian pindah ke tuas gas, sehingga mobil tidak akan langsung meluncur turun. Fitur Hill Hold Control (HHC) ini bisa Anda lihat di varian tertinggi All New Ertiga, GX transmisi otomatis.

5 Tips Dan 3 Cara Memarkir Mobil Dalam Keadaan Menanjak Atau Menurun

5 Tips Agar Mobil Tak Meluncur Saat Parkir di Tanjakan

Terkadang Anda di hadapkan harus parkir di luar gedung karena lahan yang terbatas. Hal ini tidak menjadi masalah jika kondisi jalan yang datar namun lain halnya ketika berada di jalan tidak rata seperti jalan menurun atau tanjakan.

Gaya gravitasi bumi tentunya mengakibatkan mobil yang di parkir di jalan menurun atau menanjak cenderung bergerak ke arah yang lebih rendah. Jika tidak berhati-hati saat memarkir, bisa-bisa mobil Anda meluncur dan menabrak mobil lainnya. Berikut kami sampaikan 5 tips untuk memarkir kendaraan di tanjakan atau turunan :

  1. Posisikan kendaraan di tepi jalan agar tidak mengganggu kendaraan lain ketika ingin mengambil haluan kanan atau posisi mendahului. Lalu posisikan kendaraan anda pada tempat parkir yang di inginkan
  2. Aktifkan rem tangan. Pastikan selalu rem tangan telah aktif agar kendaraan tidak bergerak maju atau mundur
  3. Setelah mesin mati, masukkan perseneling. Pindahkan tuas transmisi ke posisi gigi 1 (satu) saat mobil di parkir di tanjakan atau gigi mundur saat mobil di parkir di posisi turunan. Untuk transmisi otomatis cukup pindahkan tuas di P untuk kedua posisi tersebut
  4. Putar roda depan. Ketika parkir di tanjakan, putar roda depan hingga sisi bagian belakang salah satu roda depan menyentuh trotoar atau bidang yang lebih tinggi dari jalan. Ketika parkir di turunan, putar roda depan hingga sisi bagian depan salah satu roda depan menyentuh trotoar atau bidang yang lebih tinggi
  5. Berikan ganjal di roda baik depan maupun belakang. Jika lokasi parkir sangat terjal dan licin, tambahkan dengan ganjalan pada bagian roda depan dan belakang secara menyilang. Misalkan roda yang di ganjal adalah roda bagian depan kiri dan bagian roda belakang kanan agar posisi parkir mobil lebih kuat dan aman.

5 Tips Dan 3 Cara Memarkir Mobil Dalam Keadaan Menanjak Atau Menurun, Semoga Artikel ini menambah wawasan dan pengetahuan kita dalam merawat kendaraan kesayangan kita.

Menambah Wawasan Kita :