4 Ciri – Ciri Aki Mobil Sudah Soak Yang Perlu Anda Ketahui

Ciri – Ciri Aki Mobil Sudah Soak Yang Perlu Anda Ketahui – Saat ingin melakukan rutinitas berangkat ke kantor di pagi hari, mencoba menghidupkan mesin mobi. namun ternyata ketika di starter tidak menyala, pasti akan terasa menjengkelkan. Terlebih jika kondisi darurat, akan bisa lebih buruk lagi akibatnya. Umumnya, situasi ini ada hubungannya dengan kondisi aki kendaraan yang sudah mulai soak atau usang.

4 Ciri – Ciri Aki Mobil Sudah Soak

Agar situasi ini tidak Anda alami, caranya adalah dengan melihat ciri-ciri aki yang sudah soak. Bagaimana ciri-cirinya aki yang sudah soak?

Mobil Susah Di starter

Pernahkan Anda mendapati kendaraan sangat sulit di starter seperti biasa? Kondisi mobil yang tidak bisa di starter telah menjadi pertanda bahwa aki mulai melemah dan harus di ganti dengan yang baru. Ada beberapa cara yang bisa di lakukan untuk mengatasi mobil yang sulit di starter.

Umumnya kondisi ini terjadi akibat air aki yang berada di batas minimal, yang membuatnya kesulitan mengalirkan daya listrik sesuai kebutuhan.

4 Ciri - Ciri Aki Mobil Sudah Soak Yang Perlu Anda Ketahui

Ternyata kondisi ini tidak hanya terjadi pada kendaraan yang di bekali dengan aki basah saja, karena pemilik kendaraan dengan aki kering juga perlu waspada.

Sebab permasalahan ini juga bisa terjadi ketika komponen satu ini terguncang hingga merusak cell yang berada di dalam aki. Ketika mendapati ciri-ciri aki mobil soak, segera cek kembali sebelum kendaraan mogok total.

Suara Klakson Melemah dan Lampu Redup

Umumnya suara klakson kendaraan terdengar menggelegar agar pengendara lain dapat mendengarnya dengan jelas.

Namun suatu ketika, suara klakson terdengar sangat lemah meski pengendara telah menekannya hingga titik maksimal. Kondisi tersebut telah menjelaskan bahwa aki kendaraan mulai melemah hingga kinerjanya tidak maksimal seperti biasa.

Ciri lain yang menandakan bahwa aki mulai melemah, yaitu lampu penerangan utamanya yang redup ketika dinyalakan.

Tentu saja kondisi ini dapat membahayakan para pengendara, karena sang pengemudi tidak dapat menerobos gelapnya jalan akibat sinar cahaya yang dihasilkan oleh lampu terlihat redup. Namun hal ini juga dapat terjadi ketika usia lampu sudah melebihi batas penggunaan.

Usai Aki Kendaraan

Ciri-ciri aki mobil soak lainnya yaitu usianya yang telah memasuki usia pemakaian. Umumnya aki memiliki masa penggunaan sekitar 2 tahun saja, namun keawetannya sendiri tergantung pada perawatan serta pemakaian kendaraan itu sendiri. Semakin sering mendapatkan perawatan tepat, tentu aki tidak mudah soak.

Tampaknya perawatan aki sangat penting dilakukan, mengingat komponen kendaraan satu ini memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

Dengan cara ini, Anda tidak perlu mengeluarkan dana lebih hanya karena aki yang terlalu sering soak akibat kesalahan dari penggunanya. Anda juga bisa mengecek tanggal pembelian aki sebelumnya untuk memastikan usai penggunaan.

4 Ciri - Ciri Aki Mobil Sudah Soak Yang Perlu Anda Ketahui

Kurangnya Tegangan Aki

Kurangnya tegangan aki juga bisa menjadi ciri bahwa aki kendaraan mulai soak. Untuk memastikan kebenarannya, silahkan tes menggunakan load tester atau cranking. Ciri-ciri aki mobil soak yaitu tegangan aki berada di angka di bawah 10 Volt.

Apa yang harus di lakukan ketika tanda-tanda tersebut muncul?

Coba ingat-ingat terlebih dahulu sudah berapa lama aki tidak di ganti dan kalau memang sudah lebih dari 10 bulan, bisa jadi kendaraan sulit di hidupkan karena aki yang sudah soak. Namun jika aki baru saja di ganti atau di gunakan, kerusakan mungkin pada komponen lain di mobil.

Cek juga indikator yang terdapat pada aki untuk memastikan. Kalau pada indikator tampak  warna merah maka aki memang sudah soak, sedangkan warna putih tanda aki butuh charge, dan warna biru menunjukkan aki masih dalam kondisi prima.

4 Ciri – Ciri Aki Mobil Sudah Soak Yang Perlu Anda Ketahui, Semoga Artikel ini menambah wawasan dan pengetahuan kita dalam merawat kendaraan kesayangan kita.

Menambah Wawasan Kita :