14 Aplikasi GPS Terbaik Untuk Membantu Anda Dalam Perjalanan

14 Aplikasi GPS Terbaik Untuk Membantu Anda Dalam Perjalanan GPS merupakan singkatan dari global positioning system yang di kembangkan oleh departemen pertahanan Amerika. Sistem ini pertama kali di rancang oleh departemen pertahanan Amerika pada tahun 1970. Pada zaman sekarang, hampir setiap smartphone yang di rilis dibekali dengan fitur aplikasi GPS. Tentunya fitur ini sangat berguna untuk membantu pekerjaan manusia.

Secara gampangnya, GPS bisa mengetahui lokasi dimana Anda berada, jika Anda mengaktifkan fitur nya. Anda bisa memaksimalkan GPS untuk mengetahui jalan ketika Anda sedang menuju suatu tempat. Jadi Anda tidak perlu lagi kebingungan ketika ingin pergi ke suatu tempat tersebut. Banyak sekali aplikasi-aplikasi sekarang yang berbasis GPS saat ini.

14 Aplikasi GPS Terbaik Untuk Membantu Anda Dalam Perjalanan

Kami yakin saat ini semua Smartphone sudah dibekali dengan GPS, Nah fitur itu tentu saja harus di maksimalkan dengan baik. GPS bisa membantu kita untuk mengetahui lokasi, petunjuk arah jalan, dan lain-lain. GPS sangat membantu bagi Anda yang suka berpergian ke luar kota.

Dengan semakin ramainya smartphone yang di bekali dengan GPS, maka banyak pula aplikasi yang bisa mendukung fitur GPS di smartphone. Kali ini, kami akan membahas 5 aplikasi GPS terbaik menemani perjalanan Anda.

14 Aplikasi GPS Terbaik Untuk Membantu Anda Dalam Perjalanan

1.Google Maps

Siapa yang yang tidak tahu Maps? Aplikasi maps besutan Google ini, hampir di semua ponsel Android pasti sudah mempunyai nya. Aplikasi ini sudah di unduh lebih dari 4 miliar di playstore.

Selain itu, Google Maps juga bisa memberikan informasi rute-rute jalan, bahkan jalan alternatif ketika Anda sedang menuju suatu tempat. Lalu, ada juga fitur unggulan yang bisa memberikan informasi lalu lintas di sekitar Anda secara real time.

Bukan hanya sebagai penunjuk arah saja, namun maps ini juga bisa kita gunakan untuk melihat restoran terdekat, rumah ibadah terdekat, sampai pom bensin terdekat. Fitur-fitur yang lengkap dari aplikasi maps ini tentu saja sangat bermanfaat bagi kita yang mungkin belum begitu paham mengenai jalan menuju tempat yang kita tuju.

2.Waze

Waze merupakan salah satu aplikasi GPS yang bisa di bilang sangat menarik. Karena pada aplikasi Waze ini antara satu pengguna dengan pengguna yang lain bisa saling terhubung. Hal ini bisa membuat Anda tahu informasi yang diberikan oleh pengguna lain ketika melewati jalan yang sama dengan Anda.

Waze akan memberikan rute tercepat ketika Anda sedang menuju suatu tempat. Selain itu, Waze juga bisa memberikan informasi apabila ada kerusakan pada jalan tertentu. Bahkan, Anda juga bisa memantau lokasi teman kita yang juga menggunakan aplikasi Waze ini secara real time.

3.Back Country Navigator TOPO GPS

Aplikasi ini sangat berguna bagi Anda yang suka hiking. TOPO GPS bisa menunjukkan arah jalan dengan tepat sehingga Anda tidak akan tersesat ketika hiking. Dengan banyaknya fitur yang terdapat di TOPO GPS, Anda tidak akan pernah tersesat di jalan.

Selain itu aplikasi TOPO GPS ini juga tersedia secara offline. Jadi bagi Anda yang tidak memiliki koneksi internet, Anda masih bisa mendapatkan petunjuk jalan dengan cepat dan tepat menggunakan aplikasi TOPO GPS ini.

Selain cocok bagi kita yang suka hiking, aplikasi TOPO GPS ini juga cocok bagi para pemudik. Mungkin bagi para pemudik yang ingin mencari jalan alternatif untuk menghindari macet, Anda wajib mencoba aplikasi ini.

4.Maps.me

Aplikasi GPS ini bisa Anda jalankan secara offline. Maps.me memberikan rute jalan yang benar dan tepat bagi Anda yang sedang dalam perjalanan menuju ke suatu tempat. Dengan bisa dijalankan secara offline, aplikasi maps.me ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda. Apalagi peta yang di hadirkan oleh maps.me ini juga sudah mencakup seluruh jalan di dunia.

Karena aplikasi GPS ini offline, tentu saja Anda bisa mengetahui rute dan petunjuk jalan secara tepat dan akurat dengan aplikasi GPS ini tanpa memerlukan koneksi internet. Selain itu aplikasi GPS ini juga gratis dan bisa dipakai selamanya loh. Jadi Anda bisa menikmati semua fitur yang ada pada aplikasi GPS ini secara gratis selamanya.

Aplikasi Maps.me ini juga bisa menunjukkan arah sesuai dengan jenis kendaraan yang Anda pakai loh. Misalnya Anda berkendara dengan mobil, nah aplikasi ini akan memberikan jalan yang sesuai dengan kendaraan mobil misalnya lewat tol. Atau Anda menggunakan sepeda motor, nah aplikasi ini bisa membantu memberikan rute terbaik untuk sepeda motor.

5.Here WeGo

Aplikasi GPS terakhir yang bisa Anda gunakan untuk menemani perjalanan adalah Here WeGo. Aplikasi maps ini adalah buatan dari perusahaan teknologi yang cukup terkenal yaitu Nokia. Dengan segudang fitur dan juga peta yang sangat lengkap mencakup seluruh belahan dunia, Aplikasi Here WeGo ini digadang-gadang menjadi penantang serius dari Google maps.

Anda juga bisa mendownload peta suatu wilayah tertentu sehingga Anda bisa membukanya kembali tanpa menggunakan koneksi internet. Tentu saja ini sangat membantu bagi Anda yang sedang pindah ke kota lain dan menetap untuk beberapa waktu.

Anda hanya tinggal download saja peta wilayah tersebut sehingga nantinya saat Anda kebingungan, Anda bisa membuka peta daerah tersebut secara offline

Aplikasi Here WeGo ini juga memberikan informasi lalu lintas di daerah sekitar kita. Yang menarik adalah aplikasi ini memiliki segudang fitur dalamnya, namun dibalut dengan tampilan antarmuka yang sangat sederhana dan juga elegan.

6.Polaris GPS Navigation

Aplikasi ini sering disebut sebagai aplikasi all-in-one untuk aplikasi peta GPS dan navigasi terbaik. Menariknya, aplikasi ini dapat menyuguhkan berbagai aplikasi peta populer lainnya seperti MapQuest, Google Maps, Cycle Route Maps, dan OpenStreetMaps.

Jika ingin menggunakan Polaris GPS Navigation, Anda tinggal memilih peta dari layanan mana yang diinginkan. Beberapa format koordinat, fitur turn-by-turn directions, dan trail recording juga bisa dipilih dalam aplikasi ini. Anda bisa mengunduhnya secara gratis melalui PlayStore.

7.Geo Tracker

Untuk tampilan aplikasi yang lebih sederhana untuk memudahkan perjalanan Anda, Geo Tracker bisa menjadi salah satu pilihan. Peta yang disuguhkan dalam aplikasi ini bisa dibilang sangat lengkap. Tak hanya menghadirkan peta untuk kota-kota besar yang sudah dikenal, namun juga daerah terpencil.

Terdapat satu fitur yang cukup menarik yang bisa Anda gunakan pada aplikasi Geo Tracker ini. Anda bisa membagi dan mengirim jejak rut eke orang lain. Sehingga orang lain dapat dengan mudah mengikuti jejak rute yang telah Anda lewati. Ini sangat cocok untuk yang ingin bepergian rombongan.

8.GPS, Maps, Navigations & Directions

Sesuai namanya, aplikasi ini bisa dibilang cukup lengkap karena bisa menghadirkan GPS, peta, navigasi, dan rute. Aplikasi ini merupakan produksi dari AppStar Studio yang dapat memudahkan pengguna untuk menemukan jalan yang paling dekat dan paling cepat.

Saat sedang menyetir sendiri, Anda bisa memanfaatkan fitur Driving Direction yang akan memberikan arahan kepada Anda secara otomatis menggunakan suara. Ada tiga jenis maps yang mendukung aplikasi ini, yaitu Satellite, Hybrid, dan Normal.

14 Aplikasi GPS Terbaik Untuk Membantu Anda Dalam Perjalanan

9.Offline Maps & Navigation

Aplikasi ini memang di buat secara khusus untuk navigasi secara online. Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda tidak harus terkoneksi dengan internet. Sehingga jika tidak ada Wifi maupun kuota internet, Anda masih bisa mengakses dan mengatur navigasinya secara offline.

Anda cukup online pada saat mengunduh dan update aplikasi ini saja di karenakan setiap tahun aplikasi Offline Maps & Navigation akan selalu di perbaharui. Terdapat juga fitur navigasi suara yang akan membantu Anda untuk mencari rute terdekat dan tercepat menuju lokasi tujuan.

10.Karta GPS – Offline Navigations

Aplikasi maps yang satu ini merupakan buatan dari Karta Software Technology yang sesuai namanya dapat di gunakan meskipun dalam keadaan offline. Aplikasi ini dapat di unduh secara gratis melalui Google Play Store atau App Store. Terdapat fitur-fitur unggulan yang akan membantu Anda.

Salah satunya adalah penunjuk jalan yang detail untuk pejalan kaki serta fitur tempat parkir untuk memudahkan Anda menemukan tempat parkir. Peta pada Karta GPS sudah tersedia untuk berbagai wilayah di dunia sehingga Anda tetap dapat menggunakannya meskipun sedang ke luar negeri.

11.City Maps 2Go

Semakin banyak aplikasi maps yang menarik untuk di unduh dan di gunakan, salah satunya adalah City Maps 2Go. Aplikasi ini bisa Anda unduh secara gratis melalui Google Play Store. City Maps 2Go juga bisa di gunakan secara offline meskipun tidak ada Wifi atau kuota internet.

Tak hanya bisa di gunakan untuk aplikasi peta penunjuk arah yang akan membantu Anda menemukan jalan ke suatu tempat. Anda juga bisa menggunakan City Maps 2Go untuk memesan penginapan atau kamar hotel secara praktis tanpa ribet.

12.CoPilot GPS Peta Offline

Aplikasi yang di tawarkan oleh ALK Technologies ini sudah di unduh dan di gunakan oleh jutaan pengguna. Bahkan rating untuk aplikasi ini terbilang cukup bagus. Sayangnya aplikasi ini hanya memberikan peta untuk daerah-daerah tertentu.

Peta yang tersedia untuk aplikasi ini adalah kawasan seperti Selandia Baru, Australia, Amerika, Timur Tengah, Afrika, dan Asia Tenggara. Aplikasi ini dapat memberikan peta penunjuk jalan 2D dengan tetunjuk tempat yang cukup lengkap.

13.Glympse

Glympse di kembangkan oleh pengembang yang bernama Glympse sehingga nama aplikasinya pun sama dengan nama pengembangnya. Terdapat fitur navigasi dan share location untuk memudahkan Anda mengirim lokasi ke rekan lain. Anda tidak perlu sign up untuk menggunakannya.

Fitur yang tersedia pada aplikas ini cukup menarik seperti peta, riwayat pencarian, daftar favorit, dan request location. Anda dapat mengunduhnya secara gratis dan ukuran file-nya tidak terlalu besar yakni hanya sekitar 10.56 MB. Tampilannya cukup sederhana sehingga mudah di gunakan.

14.GPS Essentials

Aplikasi GPS Essential di sebut-sebut sebagai aplikasi navigasi untuk Android yang di lengkapi fitur lengkap. Aplikasi buatan mictale.com ini menghadirkan kompas untuk membantu menunjukkan arah utara dan selatan baik untuk di daratan maupun di lautan.

Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk menyimpan dan mengatur rute perjalanan. Tersedia juga kamera HUD (heads up di splay) untuk membantu menemukan titik pada rute perjalanan. Informasi seperti akurasi, jarak, kecepatan, latitude, waktu, dan longitude akan di tampilan pada dashboard.

Beragam aplikasi GPS tersebut memang terlihat menarik untuk digunakan. Namun, tidak mungkin Anda bisa mengunduh semuanya sekaligus. Pilih salah satu dari aplikasi tersebut yang paling sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk cara penggunaan aplikasi GPS terbaik paling akurat di Android dan iOS tersebut dapat Anda pelajari secara otodidak dengan mudah.

14 Aplikasi GPS Terbaik Untuk Membantu Anda Dalam Perjalanan, Semoga Artikel ini menambah wawasan dan pengetahuan kita dalam merawat kendaraan kesayangan kita.

Menambah Wawasan Kita :